Mengenal Mesin Penggiling Tepung Terigu Hammer Mill

Mengenal Mesin Penggiling Tepung Terigu Hammer Mill

Untuk mengakomodir kebutuhan produksi yang sangat besar, setiap pabrik tepung terigu selalu memiliki mesin penggiling lebih dari satu. Meski satu mesin penggiling sendiri mampu bekerja dengan kapasitas sangat besar tiap jamnya, namun produksi yang sangat besar menuntut jumlah mesin yang lebih banyak. Selain jumlahnya yang baik, jenis mesin yang dibutuhkan juga bervariasi. Tidak hanya Disk Mill namun mesin milling pabrik tepung juga membutuhkan Hammer Mill.

Manfaat Hammer Mill pada pabrik pembuatan tepung terigu

Sekilas tidak ada perbedaan mendasar antara mesin penepung Disk Mill dan Hammer Mill. Namun jika dilihat spesifikasi hingga cara kerjanya, Hammer Mill sengaja dibuat untuk proses penggilingan yang lebih berat. Dengan mesin ini, Anda dapat menggiling jenis bahan baku berupa biji-bijian dan bahan lainnya yang kepadatannya jauh lebih keras.

Dengan dilengkapi banyak gigi-gigi tajam, Hammer Mill tidak hanya dapat menggiling gandum hingga menjadi serbuk atau bubuk tepung saja. Melainkan juga memungkinkan pemisahan hasil gilingan dari yang kasar, sedang hingga sangat lembut seperti tepung. Hasil penggilingan lebih maksimal dan tentunya lebih cepat dan efektif untuk produksi tepung skala sangat besar.

Penggunaan Hammer Mill dalam pabrik produksi pakan ternak

Dengan gigi-gigi tajam, cara kerja Hammer Mill ini seringkali disejajarkan dengan stone crusher sekunder dan tersier. Dengan kata lain, penggunaan mesin penepung yang satu ini sangat optimal untuk mengubah bahan baku keras hingga menjadi bentuk ukuran sesuai kebutuhan. Bahkan memungkinkan adanya pemisahan bentuk kasar dan halus menggunakan aliran udara.

Selain biji gandum, Hammer Mill juga dapat digunakan untuk menggiling bahan baku lain dari biji kopi hingga tulang-tulang ikan. Hal ini menjadikan penggunaan mesin milling pabrik terigu Hammer Mill ini tidak hanya pada pabrik tepung saja, melainkan juga pabrik pakan ternak. Biasanya pabrik pakan ternak menggunakan bahan baku berupa biji jagung yang juga mudah digiling menjadi butiran kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *