3 Tips Merawat Mesin Milling Pabrik Terigu Supaya Awet

3 Tips Merawat Mesin Milling Pabrik Terigu Supaya Awet

Pabrik terigu tidak lagi memproduksi tepung dalam jumlah puluhan kilogram saja. Namun target produksinya jauh lebih banyak bahkan hingga ton untuk memenuhi kebutuhan pasar. Untuk dapat mencapai target produksi ini, disk mill dan hammer mill harus bekerja maksimal. Hal ini menyebabkan mesin penepung rawan mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan saat produksi, berikut beberapa tips merawat mesin penggilingan tepung terigu supaya lebih awet dan tahan lama.

Gunakan mesin sesuai standar kerja di buku panduan manual

Mesin berteknologi tinggi seperti disk mill dan hammer mill tidak dapat dioperasikan dengan cara sembarangan. Untuk itulah setiap operator dibekali dengan buku panduan manual yang menggaris bawahi banyak prosedur pemakaian yang harus ditaati. Untuk menjaga performa mesin selalu prima, menggunakannya sebagai produksi harus sesuai standar kerja. Termasuk dalam hal kapasitas pengolahan yang dilakukan, harus sesuai petunjuk penggunaan. Melebihi kapasitas pengolahan hanya akan membuat mesin cepat rusak.

Bersihkan setelah pemakaian

Untuk pabrik tepung terigu, pencapaian target produksi harus dilakukan setiap hari. Artinya setiap hari mesin harus bekerja maksimal, sehingga target produksi dapat tercapai. Hal ini sangat berbeda dengan mesin milling pabrik terigu skala kecil, yang belum tentu digunakan setiap hari. Penggunaan setiap hari rawan pembiaran, setelah dipakai mesin tidak dibersihkan. Padahal membersihkan mesin setelah penggunaan harian, harus dilakukan. Hal ini untuk membersihkan kotoran hingga bahan baku yang banyak menempel pada mesin dan menurunkan performa.

Perawatan secara berkala

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pabrik pembuatan tepung terigu adalah hanya memeriksa kondisi mesin saat mengalami gangguan. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka kemungkinan mesin mengalami kerusakan total sangat besar. Masa pakai mesin juga akan berkurang sangat singkat. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan perawatan mesin secara berkala sehingga performanya tetap terjaga dan masa pakainya lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *